Desa Gondosari Memperoleh Peringakat 3 Tingkat Desa Se-Kabupaten Pacitan Tahun 2018

Information Technology of Gondosari 25 September 2018 09:41:18 WIB

Sego ( Seputar Gondosari )

Pemerintah Desa Gondosari mendapatkan penghargaan dalam rangka peningkatan pelayanan informasi publik. Pada tahun 2018 Desa Gondosari mendapatkan peringkat-3 tingkat desa se-kabupaten pacitan. Penghargaan yang diperoleh diterima di aula Hotel Remaja Pacitan,24 September 2018 diterima oleh Kepala Desa Gondosari ( SUNARNO, S.IP ). Lomba Sistem Informasi Desa (SID) merupakan terobosan baru dalam meningkatkan pelayanan publik di desa berbasis teknologi informasi.Penghargaan yang diterima bisa menjadi pemicu semangat dalam melakukan pelayanan informasi yang terbuka untuk masyarakat. Harapan baru dalam meningkatkan pelayanan yang lebih baik akan selalu dilakukan oleh pihak pemerintah desa gondosari untuk menghasilkan sistem informasi desa yang terpercaya dan akurat. Pembenahan data yang terkait akan diperbaiki dan ditingkatkan sehingga kedepannya akan menghasilkan desa yang unggul. Hadirnya sistem informasi desa akan membantu mempercepat pelayanan publik dan pembangunan desa dalam rangka meningkatkan kesejahteraan warga desa gondosari.

Dalam sistem informasi desa( SID ) , yang dimaksud dengan Sistem Informasi Desa adalah proses dan aplikasi yang:

  • Berbasis komputer
  • Mengelola informasi kantor desa
  • Mendukung fungsi dan tugas kantor desa, termasuk administrasi kependudukan, perencanaan, pelaporan, pengelolaan asset, pengelolaan anggaran, layanan publik, dsbnya

 jenis aplikasi yang tercakup dalam "Sistem Informasi Desa" suatu desa bisa saja lebih dari satu: misalnya OpenSID untuk pengelolaan data kependudukan, SISKEUDES untuk mengelola keuangan desa, aplikasi lain untuk mengelola BUMDes, dsbnya.

Peran dan Manfaat SID

Berikut ini dijelaskan secara singkat beberapa manfaat SID menurut pengertian di atas (tidak terbatas pada fitur yang ada di OpenSID saja).

  1. Kantor desa lebih efisien
    Pemerintah Desa dengan memakai OpenSID, kantor desa siap melakukan layanan surat keterangan pada warga jauh lebih cepat dibandingkan cara manual. Dengan OpenSID, data penduduk sudah tersimpan dan dapat diisikan secara otomatis pada surat yang bisa dicetak langsung.

  2. Kantor desa lebih efektif
    SID menyimpan data penduduk beserta atribut-atributnya, kantor desa akan lebih mudah memilah data penduduk secara akurat berdasarkan kriteria yang telah ditentukan, sehingga bisa mentargetkan suatu program pemerintah secara tepat sasaran. Ini berbeda dengan proses serupa tanpa SID, di mana sering dilakukan penentuan sasaran program secara kira-kira dan tidak berbasis data.

  3. Pemerintah desa lebih transparan
    Dengan SID, pemerintah desa dapat mengelola informasi kegiatan desa dalam bentuk yang mudah disajikan kepada warga dan lebih mudah diakses warga. Misalnya, kantor desa dapat memakai SID untuk mengelola informasi perencanaan pengembangan desa dan menampilkan informasi tersebut pada berbagai media, seperti di web desa, papan pengumuman dsbnya.

  4. Pemerintah desa lebih akuntabel
    Dengan adanya informasi perencanaan, kegiatan pembangunan, penggunaan dana desa dsbnya di dalam SID yang mudah diakses warga, pemerintah desa akan dituntut untuk lebih akuntabel. Kantor desa akan mempunyai kesempatan untuk secara lebih mudah membuat laporan pertanggung-jawaban kegiatan, penggunaan dana desa dsbnya.

  5. Layanan publik lebih baik
    Seperti disebut di atas, dengan SID kantor desa akan lebih efisien dan lebih efektif dalam melakukan fungsi dan tugas mereka. Karena salah satu tugas utama kantor desa adalah memberi layanan publik, fungsi ini pun akan lebih baik. Contoh sederhana yang diberikan di atas, warga akan bisa memperoleh surat keterangan yang mereka butuhkan secara lebih cepat dan dengan data yang lebih akurat.

  6. Warga mendapat akses lebih baik pada informasi desa
    Dengan SID, informasi kependudukan, perencanaan, asset, anggaran dsbnya akan terrekam secara elektronik. Semua informasi tersebut mempunyai potensi untuk lebih mudah diakses oleh warga. Kantor desa mempunyai kesempatan untuk menyediakan fasilitas bagi warga untuk mengakses informasi desa dengan mudah, misalnya dengan menerbitkan informasi desa di web desa. Karena tahu data itu ada, warga juga mempunyai kesempatan untuk menuntut kantor desa untuk menyediakan akses pada informasi yang mereka butuhkan.

  7. Warga dapat berpartisipasi lebih aktif dalam pembangunan desa
    Ketersediaan data dan informasi desa yang mudah diakses akan meningkatkan potensi warga untuk berpartisipasi dalam pembangunan desa. Warga akan tahu kegiatan apa yang sedang berjalan dan apa yang direncanakan, sehingga dapat ikut mengawal kegiatan tersebut ataupun memberi usul, saran dan masukan lain terkait pembangunan desa. Lebih dari itu, SID juga mempunyai potensi untuk menyediakan media elektronik untuk menggalang partisipasi warga, seperti forum diskusi atau formulir komentar/usulan elektronik.

Komentar atas Desa Gondosari Memperoleh Peringakat 3 Tingkat Desa Se-Kabupaten Pacitan Tahun 2018

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Rekapitulasi Suara PEMILU 2019 PPS Desa Gondosari

01.Joko Widodo-Ma'ruf : 32 % 02.Prabowo-Sandiaga Uno : 68 %

Lokasi Gondosari

tampilkan dalam peta lebih besar